Berawal dari Nama

Tepat 19 tahun 9 bulan 10 hari saya berada di muka bumi ini. Saya merasa sangat beruntung dengan apa yang telah saya dapatkan, orangtua yang sangat pengertian, keluarga yang harmonis, teman-teman yang baik, pacar yang setia, dan tentunya nama yang mengandung arti yang baik. Tidak seperti kebanyakan teman saya yang lain, yang tidak memahami betul apa makna nama yang mereka punya, saya telah mengetahui sejak kecil sejarah bagaimana nama saya dibuat, siapa yang membuatnya, dan apa arti nama saya itu.
Oke, saya mulai cerita ini dari siapa yang berperan besar dalam pemberian nama saya. Awalnya orang tua saya sempat bingung memikirkan nama yang cocok untuk saya, yaa wajarlah karena saya anak pertama mereka. Ayah saya sempat berpikir memberi saya nama Desi karena saya lahir pada bulan Desember. Tetapi, Ibu saya menolaknya karena menurutnya nama itu kurang bagus. Setelah berpikir cukup lama, datanglah kakek saya tercinta yang memberikan nama  yang ‘berbau’ bahasa Arab. Namun , paman saya, yang kebetulan hari itu ada bersama orangtua saya, menambahkan satu kata lagi di belakang nama yang telah diberikan kakek saya. Hasilnya…..sangat bagus. Nama saya menjadi lebih bermakna dan menurut saya makna itu adalah doa yang dipanjatkan orangtua,kakek,dan paman saya.


politikana.com

Nama saya berasal dari bahasa Arab apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti seribu amal kebaikan atau seribu angan-angan yang baik. Kenapa bisa memiliki dua arti? Karena dalam bahasa Arab pelafalan huruf sangat penting, apabila huruf yang dilafalkan salah akan membuat arti kata itu berubah. Nah…karena kebanyakan orang Indonesia males mengucapkan nama orang dengan baik dan benar akhirnya nama saya mengalami perubahan arti dari arti sebenarnya (duuhhh…apaan siii???? Mentang-mentang anak jurusan bahasa?????)
Arti sebenarnya adalah seribu amal kebaikan yang menurut saya lebih baik dibandingkan seribu angan-angan yang baik. Sesuai dengan arti nama saya itu saya berharap bisa menjadi orang yang selalu memberikan kebaikan pada orang-orang sekitar saya.
0 Responses